9 Nov 2011

TEORI EVOLUSI CHARLES DARWIN MENURUT HARUN YAHYA

Author: An Nisa Apriliani Alfian D | Filed under: Teori

TEORI EVOLUSI CHARLES DARWIN MENURUT
HARUN YAHYA

Oleh:
An-nisa Apriliani Alfian Darwis
(11/319887/SA/16179)
Sastra Asia Barat
Fakultas Ilmu Budaya
Universitas Gajah Mada
2011

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah Subhânahû wa Ta`âlâ yang telah memberikan karunia dan rahmat-Nya keada penulis, hingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan Makalah dengan judul “TEORI EVOLUSI CHARLES DARWIN MENURUT HARUN YAHYA”. Karya sederhana ini penulis susun dalam rangka memenuhi tugas ujian tengah semester Dasar-Dasar Ilmu Budaya.
Penulis menyadari, bahwa karya tulis ini tidak dapat diselesaikan tanpa dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis berterima kasih kepada semua pihak yang memberikan kontribusi dan dukungan dalam penyusunan makalah ini. Pada kesempatan ini, penulis menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya dan penghargaan setinggi-tingginya kepada:
1. Dr. Amir Ma’ruf, M.Hum. Selaku dosen pengampu Dasar-Dasar Ilmu Budaya yang telah memberikan masukan dan bimbingan selama pembuatan makalah ini.
2. Rekan-rekan Sastra Asia Barat Prodi Sastra Arab 2011 yang telah memberikan motivasi dan inspirasi bagi penulis. Terutama untuk Afeliani Tri Hapsari, Sevira widya Putri, Indah Arista Pratiwi, dan Annisa Nurul Ulfa yang telah memberikan inspirasi kepada penulis dalam proses pembuatan makalah ini.
3. Kakak tersayang Darmayta Alfian Darwis dan Ade Riyani Alfian Darwis yang telah mengajarkan penulis arti kata tegar.

Tak ada gading yang tak retak. Tak ada yang sempurna di dunia ini. Demikian pula dengan penulisan makalah ini. Kritik dan saran sangatlah penulis harapkan dan dapat disampaikan secara langsung maupun tidak langsung. Semoga makalah ini menjadi tambahan khazanah pengetahuan bagi siapa pun yang membacanya.

Yogyakarta, 7 November 2011

Penulis

DAFTAR ISI
JUDUL i
KATA PENGANTAR  ii
DAFTAR ISI iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang 1
1.2. Rumusan Masalah 2
1.3. Tujuan Penelitian 2
1.4. .Pembatasan Masalah 2
BAB II PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Teori Evolusi 3
2.2. Bukti-bukti Utama Teori Evolusi 3
2.3. Teori Evolusi Menurut Harun Yahya 5
BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan 7
3.2. Saran  7
DAFTAR PUSTAKA  8

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Charles Darwin ialah seorang pakar penyelidik alam semulajadi lebih dikenali sebagai pengarang buku yang terkenal ” The Origin Of Species” .Beliau dilahirkan pada tahun 1809 di bandar Shrewsbury dari sebuah keluarga mewah.Bapanya adalah seorang tabib yang terkemuka manakala datuknya ,Eramus Darwin juga seorang tabib yang terkenal dan ahli falsafah yang telah banyak menulis mengenai alam .
Darwin sejak kecil lagi amat mencintai alam semulajadi dan suka memerhatikan haiwan-haiwan dan tumbuhan yang ditemuinya.Beliau seorang yang sabar dan tekun.Sifat-sifat inilah yang akhirnya membawa beliau kepada kejayaan sebagai seorang penyelidik alam semulajadi yang terkenal di dunia sains.
Di Bahia Blanca,Darwin mengambil langkah yang pertama dalam teori evolusinya .Beliau telah menjumpai banyak rangka-rangka haiwan yang melekat pada batu,termasuk juga fosil Megatherium.Kemana sahaja dia pergi sentiasa memerhatikan jasad hidupan disekelilingnya dengan teliti.Di samping itu beliau mengumpulkan spesimen-spesimen yang kecil dan senang disimpan.Dari Amerika Selatan beliau belayar keutara ,Pulau Galapagos.Beliau dapat melihat adanya persamaan antara burung-burung di Pulau Galapagos dengan burung-burung di Amerika Selatan yang jaraknya kurang lebih 600 batu.Ketika beliau kembali ke England pada tahun 1837,banyaklah masalah yang menjadi persoalan dan memulakan dengan penyelidikkan dan tulisan –tulisannya secara senyap.
Masyarakat di kurun ke 17 percaya bahawa bumi ini terbentuk pada kira-kira 4000 tahun sebelum zaman Kristian.Masa tersebut terlalu singkat untuk proses evolusi boleh berlaku dan menghasilkan beraneka ragam kehidupan.

1.2 Rumusan Masalah
Dengan menimbang latar belakang penelitian yang telah penulis kemukakan, maka penulis mengidentifikasikan masalah sebagai berikut :
a. Apa itu teori evolusi?
b. Apa bukti-bukti utama teori tersebut?
c. Bagaimana pendapat Harun Yahya akan hal tersebut?

1.3 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
a. Mengetahui pengertian dari teori evolusi.
b. Menela’ah bukti-bukti utama dari teori tersebut.
c. Mengetahui pendapat Harun Yahya akan hal tersebut.

1.4 Pembatasan Masalah
Karena banyaknya ruang lingkup pembahasan mengenai penelitian ini, terutama yang berkaitan dengan pengertian teori evolusi itu sendiri. Oleh karena hal tersebut penulis tidak dapat mendeskripsikan teori evolusi dari berbagai sisi, pada makalah ini penulis membatasi masalah hanya pada pendapat teori evolusi Charles Darwin menurut Harun Yahya.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 PENGERTIAN TEORI EVOLUSI

Teori evolusi dalam Sains Moden digambarkan sebagai teori yang menyatakan bahawa manusia berasal daripada binatang ,khususnya dari binatang yang berupa mawas manusia.Darwin dalam bukunya bertajuk “The Origin Of species” (Asal-Usul Jenis-Jenis Hewan).Beliau mengutarakan satu saranan bahawa semua makhluk yang hidup telah wujud hasil daripada proses evolusi daripada satu atau beberapa nenek moyang.Teori beliau menumpukan perhatian kepada bagaimana bentuk haiwan yang simpel berevolusi untuk menjadi bentuk yang kompleks.Beliau merumuskan pengalaman-pengalamannya bahawa semua jenis binatang berasal dari ameba,sejenis haiwan yang mempunyai satu sel.Bermakna beliau percaya bahawapada mulanya Pencipta mencipta satu atau beberapa bentuk organisma yang simpel.Dengan proses pertarungan tabii,organisma yang kompleks telah dihasilkan ,yang penting disini ialah Darwin percaya bahawa organisma-organisma atau spesis-spesis yang kompleks berhasil dari nenek moyang yang sama yaitu spesis yang simpel.
Darwin sendiri sadar bahawa rekod-rekod fosil tidak menyokong lamunannya tetapi menyimpan harapan bahawa penyelidikkan seterusnya akan mengisi kekosongan tersebut.

2.2 BUKTI-BUKTI UTAMA TEORI EVOLUSI

Hipotesis evolusi menyarankan bahawa semua yang sedang atau telah hidup berasal daripada organisma yang lebih rendah atau kurang sempurna melalui proses turunan disertai dengan perubahan. Bukti-bukti yang diutarakan oleh Darwin adalah seperti berikut menurut keutamaannya.

Bukti-Bukti Utama dari teori tersebut ialah :
Di antara individu-individu kebanyakkan spesis, terdapat berbagai variasi dan perubahan. Variasi ini sangat jelas di kalangan haiwan ternak dan tumbuhan pertanian.
Dalam perjuangan hidup ,organisma (haiwan atau tumbuhan) yang akan terus hidup ialah yang paling mampu untuk mempertahankan diri atau menyesuaikan diri dengan keadaan iklim dan suasana sekitarnya.Organisma-organisma yang terbaik itu akan memindahkan baka-bakanya kepada keturunannya secara proses seleksi tabii.
Mutasi dan pemencilan memain peranan yang penting untuk mewujudkan sesuatu spesis yang baru.
Rekod-rekod fosil dari zaman purba yang dijumpai di lapisan geologi telah memberi bukti bahawa evolusi telah berlaku.

BUKTI-BUKTI SAMPING:
a) Persamaan yang dapat dilihat dari peringkat –peringkat “embrio” ke peringkat “fetus” antara organisma –organisma yang jelas berbeza pada peringkat dewasa.
b) Kebolehan untuk menjenis organisma-organisma dalam kelas-kelas tertentu menurut ke turunan dan peringkat-peringkat kesempurnaan.

Adanya anggota-anggota (organ) yang dianggap sebagai tidak berkembang .Anggota tersebut telah disangka sebagai turunan anggota yang berperingkat lebih rendah di mana anggota itu didapati dalam keadaan yang sempurna dan sangat berguna.

2.3 TEORI EVOLUSI MENURUT HARUN YAHYA

Merupakan antitesis dari teori evolusinya Charles Darwin. Darwin mengungkapkan bahwa makhluk hidup muncul di dunia merupakan kebetulan semata tanpa ada yang menciptakannya. Darwin juga memperkenalkan bahwa satu spesies atau makhluk bisa melakukan evolusi menjadi makhluk yang lain dalam jangka waktu yang lama.
Jelas sekali pandangan Darwin dianggap Harun Yahya bertentangan dengan dogma agama yang menyebut Tuhan sebagai pencipta segala jenis makhluk hidup, termasuk didalamnya manusia. Teori yang ditemukan Darwin bisa dikatakan memperkuat keyakinan kaum Taisme kan Komunisme, sebaliknya meruntuhkan dan atau bertentangan dengan normatif keagamaan yang menggap Tuhan sumber segala kehidupan dan penciptaan.

Esensialisme Teori Darwin

Sebagaimana dipahami, dan hal ini yang menjadi urgensi mendasar konter teori evolusi menurut harun yahya yakni kehidupan suatu makhluk dibentuk melalui pencampuran beberapa senyawaan organic yang bergabung dalam suatu waktu dan kondisi tertentu, yang juga melalui bantuan fenomena alam terjadi secara random. Pada awalnya senyawa tersebut membentuk molekul, dan kemudian berkembang menjadi bulir kehidupan hingga mengalami perkembangan yang terus-menerus hingga saat ini.
Inti konsep teori evolusi Darwin bisa dibaca bahwa waktu, unsure serta materi non bendawi lah yang menjadi cikal bakal terbentuknya produk yang diciptakan. Dan hal itu terjadi dengan sendirinya tanpa di tentukan atau diatur oleh apapun dan siapapun. Dasar teori tersebut banyak menimbulkan kegaduhan intelektual diantaranya dating dari pierepaul grase yang menyatakan bahwa teori evolusi sungguh sulit diterima akal. Sehingga dalam bukunya evolution of living organisme, ia menyebut bahwa evolusi Darwin hanya kebetulan saja telah sangat dipercayai oleh banyak orang yang berlindung dibawah kedok ateisme.

Teori Evolusi Harun Yahya

Mengcounter teori evolusinya Darwin, Harun Yahya yang konsern mengadakan penelitian dan menulis buku-buku keislaman jelas merasa keberatan dengan evolusi Darwin tersebut. Dengan teorinya yang secara khusus membantah teori Darwin yang fenomenal sekaligus kontrovesial itu Harun Yahya banyak menyebutkan dan mengalirkan data-data yang menggugurkan teori evolusi yang telah banyak disembah orang selama berabad-abad silam.
Hal bantahan tersebut misalnya, Teori pembentuk evolusi itu, ternyata jika diamati secara mendalam banyak sekali contoh adanya rancangan yang seolah by design atau disengaja oleh Sang Maha Pengatur
Dari beragam bukti ilmiah yang di temukan para ilmuwan tak ada indikasi yang menyeret bahwa makhluk hidup terbentuk melalui proses evolusi dimana makhluk hidup yang berbeda tak muncul ke muka bumi dengan jalan berevolusi. Sebaliknya, by design dari rancangan Tuhan secara nyata dibuktikan dengan munculnya spesies makhluk hidup yang muncul secara serentak dan bersama-sama dengan sempurna. Misalnya reptile, dari awal kemunculan memiliki bentuk sebagaimana reptile yang ada saat ini, tidak merupakan evolusi dari bentuknya semula sebagai bukan reptile. Dan masih banyak dalil lain yang mengungkap dari teori evolusi menurut Harun Yahya yang ternyata jika dikaji lebih mendalam lebih masuk akal dan diakui oleh berbagai ilmuwan barat sekali pun.

BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Dalam makalah ini, penulis mengambil kesimpulan dari teori-teori yang termaktub didalamnya, yaitu;
♣ Keseluruhannya melalui teori evolusi, Darwin membuat kesimpulan bahwa dia tidak pernah mengenal teori mutasi yang memungkinkan adanya perubahan mengejut pada keturunan. Beliau hanya percaya hanya alam sekitar sahaja yang boleh menimbulkan modifikasi yang disampaikan oleh plasma darah. Dari sifat analogi hewan dan tumbuhan Darwin juga yakin bahawa organisma hidup itu berasal dari satu moyang. Ini telah diperkuatkan oleh penemuan beliau sendiri bahawa haiwan berasal dari proses yang serupa dan mempunyai keserupaan bentuk.
♣ Harun Yahya menyimpulkan bahwa makhluk hidup terbentuk melalui proses evolusi dimana makhluk hidup yang berbeda tak muncul ke muka bumi dengan jalan berevolusi. Sebaliknya, by design dari rancangan Tuhan secara nyata dibuktikan dengan munculnya spesies makhluk hidup yang muncul secara serentak dan bersama-sama dengan sempurna.

3.2 SARAN
Penulis menyarankan agar para pembaca mengambil hikmah (pelajaran) dari makalah ini untuk dijadikan sebuah pertimbangan yang bisa diambil dari segi positif pembahasan pada maklah ini.

DAFTAR PUSTAKA

Marston Bates,Manusia Dengan Alamnya,Dewan Bahasa Dan Pustaka ,1979.
www.anneahira.com/teori-evolusi-menurut-harun-yahya.htm : 8-11-2011 pada 12:47 AM

8 Responses to “TEORI EVOLUSI CHARLES DARWIN MENURUT HARUN YAHYA”

  1. Article Writing Services Says:

    Hello Website Owner! I ran into your WordPress website through Google. We offer article writing services at 1 cent per word – that is $5 for a 500 word article! Our writers are US natives and we scan each of our articles through Copyscape to ensure your content is unique. If you would like somebody to write your content, we would be more than happy to do it! http://www.ContentWriters.us

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ’1892147968 which is not a hashcash value.

  2. Zip-Line Adventures Says:

    I enjoyed this blog post! I feel like going on some outdoor adventures soon! Keep up the excellent work!!

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ’1892147968 which is not a hashcash value.

  3. elyta Says:

    .makasih info.nya
    .sangat membantu sekali ^^

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ’0 which is not a hashcash value.

Leave a Reply

Current day month ye@r *